Membangun Digital Space Yang Aman Untuk Anak
Resume hari ke 1
Senin, 1 November 2021 ( (melalui daring via WA)
Moderator : Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd yang handal dan
Judul Webinar : " Membangun Digital Space Yang Aman Untuk Anak".
Kurikulum Materi Guru Motivator Literasi Digital Indonesia
Mulai pembukaan hari Senin, 1 November 2021 pukul 16.00-18.00 Wib.
1 November 21 Membangun Digital Space Yang Aman Untuk Anak. Om Jay
3 Nevember 21 Yuk Kelola Digital Dengan Benar. Dedi Dwi Itagama
5 November 21 Mengembangkan Minat dan Bakat Melalui Dunia Digital Aris Ahmad Jaya
8 November 21Yuk Cegah CyberBullying Munif Chatib
10 November 21 Strategi Menangkal Hoax Pak Yossi
12 Nov 21 Menjadi Pejuang Kebenaran di Tengah Gempuran Hoax Miss Phia
15 November 21 Menyalurkan hobi di Platform Digital Dail Maruf
17 November 21 Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi di Digital World Helwiyah
19 November 21 Inklusivitas di Dunia Digital Mulyadi
22 Nov 21 Anak Muda Berani Bikin Perubahan di Dunia Digital Rosminiyati
24 November 21 Keterampilan Digital Untuk Masa Depan Yang Cerah Deni
26 November 21 Mengekspresikan DiriYang Baik di Media Sosial Bu Kanjeng
29 November 21 Berbincang Dengan Hoax,MediaSosial dan Dunia Digital Aam Nurhasanah
1 Desember 21 Litersi Digital Menciptakan Kemampuan dan Kesempatan Om Brian
3 Desember 21 Menjelajahi Alam Digital Ynag Luas Maysaroh
6 Desember 21 Pengembangan Kualitas Hidup Melalui Program Litersi Digital Mr.Brian
8 Desember 21 Bijak Dalam Ber-Media Sosial Ritawati,S.Kom
10 Des 21 Ciptakan Peluang Melalui Literasi Digital Leni Priska
13 Desember 21 Era Teknologi Bebas Namun TanggungJawab Rifatun
15 Desember 21 Berbagi Praktik Baik Literasi Digital Maria
Hallo rekan-rekan guru Indonesia kenalan dulu yuk!, saya bernama Sri Supriyati, S.Pd.SD panggil saja bu Sri atau Tante sris 👋😊. Ini adalah kali pertama saya mengikuti sesi webinar digitalisasi bersama GMLD (GURU MOTIVATOR LITERASI DIGITAL) PGRI. Sebagai pendidik masa kini, dengan usia yang bukan lagi muda saya berusaha terus meng upgrade ilmu. Tak mudah memang memulai hal baru tapi saya yakin jika mau belajar rajin membaca buku akan ada perubahan yang lebih baik, agar tidak ketinggalan jaman dalam memberikan pengetahuan untuk peserta didik pasti ada cara sehingga menjadi motivasi diri untuk berinspirasi dengan karya nyata.
Pada pertemuan pertama ini saya memperoleh membahas tentang tema Teknologi Digital untuk anak.
Dijabarkan pada materi awal untuk memahami materi berikut ini dengan baik:
4 hal yang utama dalam membangun space digital yang aman untuk anak sebagai berikut:
- Kecakapan Digital
Kemampuan individu dalam mengetahui, memahami dan menggunakan
perangkat keras dan piranti lunak TIK serta sistem operasi digital
dalam kehidupan sehari-hari.
2. Budaya Digital
Kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan,
memeriksa dan membangun wawasan kebangsaan
nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari- hari.
3. Etika Digital
Kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan,
menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan,
dan mengembangkan tata kelola etika digital (netiquette)
dalam kehidupan sehari-hari.
4. Kemampuan Digital
Kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan,
menganalisis,menimbang, meningkatkan kesadaran pelindungan
data peribadi dan keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari.
Menjadi guru masa kini perlu image yang positif tentang banyaknya perubahan yang terjadi setelah dunia mengalami pandemi Covid-19 semua berubah dalam hitungan kurun waktu 1.5 tahun kita mengalami pembelajaran yang tidak biasa yaitu Daring/On line, memang begitu terkejutnya kita dengan situasi yang mencekam ini, tidak dapat melakukan aktifitas sebagaimana biasanya dari sinilah akar permasalahan dunia pendidikan dan masalah yang terjadi di semua dunia.
Berbagai cara akhirnya dilakukan untuk memperbaiki dunia pendidikan agar berjalan dengan efektif memang tak mudah seperti membalikkan telapak tangan, semua membutuhkan proses yang mendalam karena semua perlu belajar dari tak biasa menjadi suatu keharusnya yang mendasar. tidak semua guru pandai dalam berIT sehingga kesulitan timbul dalam proses KBM Daring, tetapi lambat laun semua berjalan dengan baik karena sebagai guru haruslah terus belajar dan belajar.
disinilah wadah guru untuk saling saring dalam menambah pengetahuan yaitu PGRI.
Berawal dari ketidak pastian dalam belajar Daring maka munculah ide-ide para pendidik millenial bergerak mengajak aktif para guru untuk memahami, mengerti, mempelajari, tentang digitalisasi.
agar tidak terjadi permasalahan yang kurang berkenan dalam bersosial media maka APKS PGRI membuat webinar pelatihan Guru Motivator Literasi Digital (GMLD) dengan Judul "Membangun Digital Space Yang Aman Untuk Anak".
Kegiatan ini dimulai dari rasa kepedulian para guru dalam menanggapi permasalahan anak. orang tua juga pendidik dalam maraknya aksi para pelajar dalam bersosial media maka perlu membangun pondasi yang kuat sehingga kita memulai dengan menanam pohon pendidikan yang maknanya sebagai berikut:
POHON PENDIDIKAN BERISI:
Berakar.....................Moral dan Agama
Berbatang.................Ilmu Pengetahuan
Beranting..................Amal Pebuatan
Berdaun....................Tali Silsturahmi
Berbuah....................Kebahagiaan
👪
Maka untuk memulai pengawasan terhadap sosial media terhadap anak haruslah orang tua karena beliaulah yang setiap hari berjumpa dan bersosialisasi bersama kemudia guru, dan dinas yang berwenang yaitu Dinas Pendidikan.
Dari kegiatan ini kita ambil Obyek Materi yang terpenting yaitu:
1. Mengajak anak untuk memahami perkembang digital
2. Anak dan perkembangan dunia digital
3. Apa saja risiko kejahatan siber pada anak
4. Bagaimana cara aman dan nyaman berinternet bersama keluarga?
Karena anak adalah kelompok yang rentan terhadap berbagai kejahatan digital oleh sebab itu anak harus dibekali dengan pengetahuan tentang bersosial media dan media digital atau media sosial.
Semoga anak didik kita dapat bermedia sosial dengan benar dengan pengawasan orang tua, guru dan para pendidik dengan harmonisasi yang positif.
,
Komentar
Posting Komentar